Apa Persamaan Khutbah dan Dakwah?

  • Bagikan
apa persamaan khutbah dan dakwah

Jemaah Bendera Aswaja, yang dirahmati Allah. Pada Jumat pagi ini, admin akan memberikan jawaban ringkas terhadap pertanyaan yang masuk hari ini. Pertanyaan tersebut ialah: apa persamaan khutbah dan dakwah?

Untuk menjawabnya, terlebih dahulu harus mengetahui seluk-beluk dari khutbah dan dakwah. Kita harus meninjaunya, dari istilah bahasa Arab. Karena keduanya merupakan serapan dari bahasa Arab.

Definisi Khutbah dan Dakwah

Dakwah berasal dari bahasa Arab da’wah (دعوة), yang memiliki arti: undangan, panggilan, seruan, dakwah, misi dan doa. Berbeda dengan khutbah. Kata khutbah diserap dari bahasa Arab khutbah (خطبة) yang bermakna: ceramah, pidato, orasi dan khutbah. Terjemah ini kami kutib dari kamus al-Ma’any.

Namun, saat membaca terjemahannya, memang sangat membingungkan. Karena memang bahasa tersebut sudah diserap. Seperti kata dakwah yang serapan bahasa Indonesia adalah dakwah. Begitu pula kata khutbah yang serapan bahasa Indonesiannya juga khutbah. Seakan tidak menerjemah.

Untuk itu, kita telusuri definisinya lebih lanjut. Kami membuka al-Mu’jam al-Ma’any al-Jami’, terdapat definisi yang sangat jelas dari kata ad-da’wah al-islamy. Definisinya, sebagaimana berikut:

الدَّعوة الإسلاميَّة: نشر الإسلام وشهادة أنَّ لا إله إلاّ الله وأنَّ محمدًا رسولُ الله قام الرسول بتبليغ الدعوة على خير وجه،

“Dakwah islami ialah menyebarkan Islam dan persaksian bahwa tiada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Rasulullah. Rasulullah pun melaksanakan dakwah dengan cara yang terbaik.”

Untuk kata khutbah, kami membuka kamus al-Musthalahat al-Fiqhiyah. Sebuah kamus fikih yang lengkap. Di sana terdapat takrif khutbah sebagaimana berikut:

‏ما يقوله الخطيب على المنبر وهي كلام منثور يلقى على جمع من الناس وتفتتح بالثناء على الله والصلاة على النبي‏

“(Khutbah adalah) sesuatu yang diucapkan oleh khatib di atas mimbar. Khutbah ialah rangkaian kata yang disampaikan kepada publik, dengan pembuka pujian kepada Allah dan selawat kepada Nabi Muhammad.”

Jadi, khutbah adalah isi pembicaraannya, sedangkan orang yang menyampaikan khotbah Jumat adalah khatib. Khatib merupakan isim fa’il dari khutbah, fi’il madinya adalah khathaba.

Persamaan Khutbah dan Dakwah

Setelah mengetahui definisi dari khutbah dan dakwah, pembaca mungkin sudah bisa mengambil benang persamaan. Keduanya, merupakan ajakan dan seruan. Khutbah memang berupa pidato. Dakwah berarti seruan. Keduanya sama-saja. Khatib Jumat bisa dikatakan berdakwah. Karena isi khutbahnya adalah hal-hal yang baik.

Hanya saja, tidak semua dakwah merupakan khutbah. Karena khutbah memiliki syarat dan rukun yang harus dipenuhi. Syarat-rukun khutbah telah kami bahas dalam artikel yang berjudul Mengapa Khotbah Jumat Merupakan Bentuk Khotbah yang Paling Penting untuk Diketahui. Anda bisa membacanya terlebih dahulu.

Seperti khutbah Jumat singkat yang berjudul Khutbah Jumat Bahasa Sunda Tafakur. Khutbah tersebut, jika Anda baca, masuk dalam kategori dakwah. Namun, apakah pasti masuk dalam kategori khutbah, belum tentu. Kita lihat dulu, apakah memenuhi syarat dan rukun khutbah, ataukah tidak.

Cukup sekian jawaban singkat kami atas pertanyaan apa persamaan khutbah dan dakwah? Semoga bermanfaat!

  • Bagikan

Respon (1)

Saya bahagia jika Anda menanggapi artikel ini!

%d blogger menyukai ini: