Manfaat dan Doa Sesudah Sholat Dhuha dan Artinya

Kita mungkin sering merasakan hari hari yang hidup terasa melelahkan, membosankan, penuh dengan cobaan dan lain sebagainya. Sehingga kita terkadang tak jarang menjadi malas melakukan segala hal? Di sadari atau tidak ini mungkin karena kita salah memulai hari ini? Coba kita mulaii hari ini dengan hal-hal positif pasti akan berdampak lain seperti dengan sholat malam, sholat sebelum sholat subuh, sholat dhuha dan hal positif lainnya.

Manfaat Sholat Dhuha

Lalu dalam hal sholat dhuha jangan dikira hanya untuk pelancar reziki saja namun masih ada lagi keutamaan-keutamaan lain contoh nya seperti :

  • Menuntaskan semua permasalahan hidup sebagaimana firman “Allah ‘Azza wa Jalla yang artinya, “Wahai anak Adam. Janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.”
  • Mendapat pahala seperti orang yang berhaji atau umroh. Sebagaimana sabda rasulullah yang artinya : “Barang siapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah. Kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari. Lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna..” (Shahih al-Jami`: 6346).

Bayangkan, hanya dengan menunaikan sholat dhuha kamu bisa memperoleh pahala layaknya menunaikan ibadah haji dan umrah. Jadi ayo sholat dhuha ?

  • Di ampuni dosa-dosamu di hari itu. Sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya : “Barangsiapa yang melakukan shalat dhuha maka akan di ampuni dosa-dosanya. Sekalipun dosanya itu seperti buih di lautan. Sesuai dengan sebuah hadits Rasulullah yang di riwayatkan oleh Tirmidzi. Yaitu, ” Siapapun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, maka akan di ampuni dosa-dosanya oleh Allah. Sekalipun itu seperti buih di lautan.” [HR-Tirmidzi]

Keutamaan sholat dhuha yang terakhir adalah diampuninya dosa-dosa kamu selama 1 hari penuh. Jika setelah sholat dhuha kamu dengan tidak sengaja melakukan perbuatan dosa, maka dosa-dosa kamu akan diampuni dengan sendirinya. Tapi dosa yang kecil-kecil saja tapi lebih baik kan dari pada tidak sama sekali?

Nah, dari semua keutamaan itu masih kau ragu lagi untuk melaksanakannya? Ayolah kawan masa bonus dunia yang hanya sementara kita selalu mengharapkanya tapi bonus-bonus akhir yang kekal kita tidak mau?

Doa Sesudah Sholat Dhuha dan Artinya

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

“Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu”

“Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah. Apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran Dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku). Datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”

Tinggalkan komentar