pada setiap halaman.
pada setiap halaman.
pada setiap halaman.

Pantas Haram, Inilah 5 Dampak Mengerikan Narkoba

  • Bagikan
pada setiap halaman.

Sudah lumrah di kalangan kita bahwa narkoba itu haram. Namun, tak lepas dari itu, apa sih yang menyebabkan narkoba itu haram? Sebenarnya ulama sudah membahas ini sejak dulu, terbukti dalam fikih yang kita pelajari, terbahas di sana masalah rumput dan tumbuhan yang haram namun tidak dikatakan najis karena bukan termasuk benda cair. 

Tak lepas dari itu, fatwa tersebut diambil dari Al-Qur’an Surat an-Nisa’ ayat 46 yang menjelaskan tentang tidak diperbolehkannya seseorang shalat dalam keadaan mabuk. Para mufassirin sepakat bahwa ayat tersebut ditafsiri dengan mabuk dikarenakan minum khamr. 

pada setiap halaman.

Akan tetapi, para ulama ushul menjelaskan bahwa khamar di haramkan karena Illat dalam khamar itu sendiri, yaitu memabukkan seperti yang di sebutkan oleh Syekh Wahbah az-Zuhaili dalam kitabnya, al-Wajiz fi ushuli al-Fiqhi

Maka dari itu, dalam kitab Hadza Halal wa Hadza Haram disebutkan bahwa dalam narkoba terdapat suatu unsur zat yang dapat memabukkan. Oleh karena itu, diqiyaskan pada khamr berdasarkan Illat yang sama, yaitu memabukkan.

 Selain itu, sebagian ulama menyebutkan bahwa narkoba termasuk dari perkara yang dapat melemaskan badan, sekalipun pada awal mengkonsumsinya menggugah gairah, sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ummu Salamah bahwa Beliau melarang mengkonsumsi perkara yang memabukkan dan melemaskan. Ibnu Taimiyyah juga mengharamkan narkoba, dan beliau memvonis orang yang menghalalkannya sebagai kafir. Hal ini juga disepakati oleh Al-‘Iroqi dan ijma’ ulama’. 

Namun, dalam kitab Manhajul Qur’an dijelaskan, bahwa narkoba itu lebih berbahaya dari pada khamar karena efek yang ditimbulkan lebih keras. Narkoba memang sudah mendunia dan menjadi momok bagi bangsa. Pengaruhnya sangat besar, dan menjadi salah satu penyebab untuk melakukan tindakan kriminalitas serta penyebab kematian bagi para pecandunya. Tercatat, sebanyak 95% orang hamil di Mesir keguguran karena narkoba. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1975. Memang, dalam jual beli narkoba juga dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Di Mesir, harga heroin perkilonya mencapai $ 400.000. Sangat mahal bukan? Tapi, jika kita berpikir mengenai efeknya, apakah kita sudi menukar kesehatan hanya untuk kesenangan belaka? Pastinya tidak. Oleh karena itu, mari kita brantas Narkoba!

5 Dampak Narkoba

Selain haram, ada hal yang harus kita perhatikan. Yaitu, dampak penggunaan narkoba. Saya rangkum menjadi 5 poin bahaya, dari berbagai sumber:

1- Pada awalnya narkoba yang dikonsumsi akan masuk kedalam peredaran darah dan kemudian mengganggu pusat saraf dan otak.

2- Narkoba potensial mengganggu pikiran, perasaan, mental, dan perilaku para pemakainya.

3- Para pemakai narkoba lama-kelamaan akan mengalami perubahan kepribadian, sifat, tabiat, karakter, dan tidak mampu lagi mempergunakan akal sehatnya.

4- Kemudian orang yang mengonsumsi narkoba akan keluar dari kepribadian dirinya yang baik menuju kepribadian lain yang menyimpang.

5- Pemakai narkoba akan mengalami perasaan keterasingan dan traksternalisasi pada dirinya dan akan menderita depresi berat.

Oleh karena itulah, kami sangat bahagia saat ada Rehabilitasi Narkoba Bekasi terpercaya, untuk menyelamatkan anak bangsa. Ia memiliki slogan, Ayo selamatkan generasi bangsa bersama Ashefa Griya Pusaka, sebarkan informasi baik untuk mereka yang memiliki ketergantungan NAPZA.

pada setiap halaman.
pada setiap halaman.
  • Bagikan
pada setiap halaman.

Saya bahagia jika Anda menanggapi artikel ini!

pada setiap halaman.
%d blogger menyukai ini: