pada setiap halaman.
pada setiap halaman.
pada setiap halaman.

Penting, Begini Menyikapi Narkoba

  • Bagikan
bagaimana kalian menyikapi jika ada orang yang menawarkan narkoba kepada kalian
pada setiap halaman.

Sahabat Bendera Aswaja, kali ini admin tidak akam membahas perihal khutbah Jumat lagi, melainkan admin akan membahas perihal bahaya narkoba. Mengapa demikian? Karena banyak orang yang nauzubillah terjerumus mengonsumsi benda terlarang ini lantaran bingung dan bertanya bagaimana kalian menyikapi jika ada orang yang menawarkan narkoba kepada kalian?

Berbicara Narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang), sejarahnya mungkin setua umur manusia. Dalam bentuknya yang masih sederhana, narkoba telah di konsumsi oleh manusia. Dalam perjalanan waktunya, pemakaian narkoba semakin meluas ke berbagai negara-negara di dunia, termasuk negara Indonesia. Jenis-jenisnyapun juga semakin banyak dan canggih. Dalam abad melenium ini tidaak ada satupun negara yang tidak lepas dari jeratan massalah narkoba, selalu saja ada sekelpompok oknum yang mengkonsumsi dan mengedarkannya.

pada setiap halaman.

Di tinjau dari berbagai segi, para pemakai narkoba, minuman keras, dan bahan berbahaya lainnya -selanjutnya di sebut narkoba saja- dapat membahayakan diri sendiri dan masyarakat luas. Narkoba menimbulkan sekian banyak mudhorot (bahaya) bagi para pengkonsumsinya dan bahkan nyaris tidak ada manfaatnya sama sekali, kecuali hanya dalam segelintir narkoba saja yang bisa manfaat jika di gunakan dalam segi pengobatan, pengetehuan dan medis, dengan syarat harus di bawah arahan para ahli yang berkompeten secara ketat dan terarah. Pemakaiannya pun harus dengan resep dokter. Di luar hal tersebut, narkoba hanya dapat menyebabkan bahaya yang dapat merusak terhadap fisik, psikis, raga dan jiwa, narkoba juga dekat dengan dunia kejahatan dan kekerasan.

Narkoba yang di konsumsi akan masuk kedalam peredaran darah dan kemudian merusak jaringan saraf dan otak, aibatnya dapat mengganggu perasaan, mental, dan perilaku pemakainya. Lama-kelamaan, para pengguna narkoba akan mengalami perubahan kepribadian, sifat, tabiat, karakter, dan tidak mampu lagi untuk mrnggunakan akal sehatnya, para pemakai narkoba seringkali maninggal dunia akibat overdosis narkoba atau terkadang di tangkap oleh polisi dan di penjara.

Bukan hany adapat merugikan diri sendiri, para pemakai narkoba juga dapat merugikan masyarakat luas. Terkadang para pemakai narkoba membuat keresahan di tubuh masyarakat, melakukan tindak kejahatan dan kekerasan terhadap orang lain, rubut, dan mengganggu masyarakat. Para pemakai narkoba, lama-kelamaan akan menjadi bangkrut, sebab harga narkoba yang harus ia konsumsi tergolong mahal. Seorang yang sudah kecanduan dan sulit untuk berhenti mengkonsumsi narkoba akan melakukan segala cara untuk mendapatkan narkoba, meskipun yang ia lakukan berupa kejahatan, kekerasan, dan bahkan meskipun dapat membuat ia mati akan tetap dilkukan.

Gejala yang menyebabkan orang ketagihan untuk mengkonsumsi narkoba ini di sebut dengan sakaw. Ketika seseorang mengalami sakaw, ia akan mengalami kondisi setengah sadar, teller, dan terbawa halusinasi, karena tubuhnya menagih narkoba dengan cepat. Ketika hal itu tak tepenuhi ia akan meratab bak seorang pengemis dan pesakitan.

Ketergantungan ini adalah salah satu penyakit yang kronis; banyak yang sudah berhenti namun kambuh lagi, berhenti kambuh lagi dan begitu seterusnya, tapi ada juga yang berhasil berhenti dari ketergantungan terhadap narkoba namun sedikit adanya. Banyak fungsi kehidupan yang baik dan bermanfaat terganggu akibat narkoba, dan banyak orang yang menyerah akibat ketergantungan pada “hantu” narkoba ini. akibatnya banyak dari para pemuda yang mengkonsumsi narkoba tidak dapat meneruskan tongkat estafet untuk memimpin negara ini menjadi negara maju yang di segani oleh negara-negara lain. Semoga kita sebagai remaja di jaga dari perilaku yang menyimpang dari koridor agama (perilaku-perilaku buruk) dan iman kita di kuatkan oleh Allah Swt, agar kita tidak terjerumus pada yang namanya narkoba dan yang sesamanya.

Lantas bagaimana kalian menyikapi jika ada orang yang menawarkan narkoba kepada kalian? Admin baru-baru ini webiste Rehabilitasi Narkoba yang tentunya sangat bermanfaat bagi penerus bangsa. Dengan jargon, ayo selamatkan generasi bangsa bersama Ashefa Griya Pusaka, sebarkan informasi baik untuk mereka yang memiliki ketergantungan NAPZA!

pada setiap halaman.
pada setiap halaman.
  • Bagikan
pada setiap halaman.

Respon (1)

Saya bahagia jika Anda menanggapi artikel ini!

pada setiap halaman.
%d blogger menyukai ini: